Sabtu, 12 Februari 2011

Tips Menata Lingkungan Belajar


Tips Menata Lingkungan Belajar

Belajar adalah kegiatan yang memerlukan konsentrasi tinggi. Tempat yang nyaman memudahkan kita untuk berkonsentrasi.  Dengan mempersiapkan ruang dan penataan yang tepat, kita akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan dapat menikmati proses belajar yang kita lakukan.
Ingat bahwa lingkungan akan mendukung hasil belajar.  Untuk mengetahui bagaimana menata lingkungan belajar, simak tips dibawah ini:
1. Tanaman
Tanaman berwarna hijau membantu menghilangkan polusi dan memurnikan udara. Tanaman membantu meningkatkan kadar oksigen dan meningkatkan produktifitas sampai 10% (Federal Clean Air Council)
2. Pencahayaan
Sebuah riset memperlihatkan bahwa peserta didik menunjukkan peningkatan hasil belajar secara dramatis hanya dengan mengubah pencahayaan.  Pencahayaan yang baik menurunkan masalah penglihatan sampai 65% mengurangi kelelahan sampai 55%, serta menurunkan jumlah hari sakit sampai 43%.
Riset menunjukkan bahwa pencahayaan yang paling baik untuk belajar adalah menggunakan pencahayaan alam (natural lighting). Pencahayaan yang disarankan berikutnya full-spectrum fluorescent atau boleh juga lampu pijar. Pencahayaan sebaiknya tidak langsung karena dapat mengurangi kelelahan mata.
3. Odor
Tidak semua wewangian membantu meningkatkan daya konsentrasi. Aroma lemon / jeruk sangat dianjurkan untuk dipergunakan dalam ruangan karena mampu membantu otak untuk mencapai kondisi alfa, dimana otak siap untuk menerima informasi.
4. Suhu Ruangan
Suhu yang baik untuk belajar adalah 23-24 Derajat Celcius. Tidak terlalu panas atau juga dingin.
5. Musik
Lagu / musik kita perlukan untuk  membantu kita untuk fokus dan konsentrasi dalam belajar. Lagu dengan lirik bisa mengganggu proses belajar pada waktu kita perlu untuk fokus atau konsentrasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Blog Archive

Connect With Us

Instructions

Recomended

Label

Pengikut

About Me

Foto saya
yogyakarta, DIY, Indonesia
ayo belajar
Powered By Blogger

ARJUNA BELAJAR

belajar adalah mencari pengetahuan

Blog Archive

Cari Blog Ini

Pages