Sabtu, 12 Februari 2011

Memecahkan kebuntuan dalam menulis

Bagi sebagian dari diri kita, bagian tersulit dalam menulis adalah memulainya.  Sering kali kita menemukan diri kita tengah menatap layar computer atau selembar kertas kosong, menantikan kata-kata muncul. Rasanya sangat diperlukan usaha keras untuk memulai sesuatu. Kadang kita tahu betul apa yang akan kita tuliskan dan ingin kita ceritakan. Tapi entah kenapa saat mencoba untuk menuliskannya semua itu jadi hal yang tersulit kita pernah lakukan. Dan kadang kita sama sekali tidak tahu cara mengatur semua bahan atau ide kita dan mengubahnya menjadi tulisan. 
Kita semua pernah mengalami hal seperti ini, saat terasa ada jurang menganga menunggu kita diantara ide di kepala dan ide yang tertuang dalam kertas atau layar computer. Banyak dari kita terjebak oleh jurang pemisah itu, dan kita berusaha untuk bergerak maju.
Kamu pasti ingin tahu bagaimana menghindari situasi tersebut yang sangat memungkinkan untuk membuat stress dan membuang waktu.
Gunakan  dua Strategi POW dari Quantum Learning!
Apa itu Strategi POW? Strategi untuk mencurahkan gagasan dan mencatat ide-ide ke atas kertas. Cluster dan Fastwrite! Ini adalah cara untuk memfokuskan pikiran, melepaskan energy kreatif dan mengisi lembaran kertas/layar kosong dengan ide-ide yang bisa segera kita gunakan.
Kedua strategi menulis Quantum ini sangat menyenangkan dan sangat penting bagi kesuksesan karena keduanya melenyapkan penghalang atau kemacetan penulis selamanya.
 CLUSTER / Strategi Gugus
Strategi gugus paling bisa digunakan untuk mengumpulkan dan menemukan ide-ide terbaik. Sebuah gugus adalah perwakilan visual cara kerja otak dalam memilah informasi. Membuat gugus adalah proses mengumpulkan ide, gambar dan perasaan yang sesuai dengan kata kunci atau ide utama. Tuliskan kata-kata dan ide-ide yang terlintas dalam pikiran. Setiap kata yang kita tuliskan memancing munculnya banyak pikiran. Proses ini memperbanyak daftar kata dan ide untuk menulis dan sering kali membantu melihat pola yang bisa membantu mengembangkan ide lebih lanjut.
Yuk sekarang kita coba ini!
  1. Ambil selembar kertas kosong
  2. Letakkan kertas dalam posisi horizontal dan tuliskan topik utama dalam bentuk kata kunci atau kalimat di bagian tengah. Beri lingkaran di sekitarnya.
  3. Tuliskan semua ide terkait yang terpikirkan, sebar di sekitar pikiran utama. Buat lingkaran di setiap kata atau ide yang sudah ditulis, dan gambar garis yang menghubungkannya dengan pikiran utama.
  4. Tuliskan ide kedua yang muncul akibat kata-kata ini dan kembali beri lingkaran, kali ini buat garis yang menghubungkannya dengan kata-kata pemicu. Ulangi ketiga langkah  pertama ini sampai kehabisan ide.
  5. Biarkan lingkaran di gugus tersebar bebas. Nanti saja kita atur
Kita akan melihat garis di gugus bebas itu mirip dengan jari-jari di roda sepeda. Roda ini tak akan berputar dalam lingkaran sempurna, tapi akan tetap membuat kita bergerak.
FASTWRITER/Strategi Tulis Cepat
Begitu ide muncul di pikiran, segera tulis dengan cepat semua ide itu. Ini strategi kedua untuk memusatkan pikiran dan menjadi lebih kreatif.
Pertama-tama, mari kita untuk mereview kembali gugusan yang telah kita buat.  Hilangkang ide-ide yang tidak ingin kita pakai dan kita tambahkan di ide utama. Beri angka semua ide (kecuali ide yang sudah kita coret) dengan urutan yang kita inginkan di draft. Jangan cemas jika urutan itu berubah saat kita menuliskannya.
Setelah selesai membuat prioritas gugus ide, mari bersiap untuk menulis cepat.  Sebelum memulainya baca kiat tulis cepat di bawah ini:
  1. Pertimbangkan untuk memakai topik-topik yang di beri tanda untuk memulai kalimat pertama
  2. Bayangkan kita tengah menjelajahi internet, berselancar dari satu halaman ke halaman lain, tulis semua informasi yang menarik sebelum menghubungkannya dengan ide yang sesuai
  3. Jangan membuat perubahan atau pembetulan, lakukan saja – dan jangan mengulang dari awal
  4. Lupakan kata sambung, tata bahasa, dan ejaan
  5. Tuliskan secepat mungkin apa pun yang terlintas dalam pikiran
  6. Jangan cemas jika pikiran melayang, biarkan saja terus mengalir dan jangan berhenti sampai kita benar-benar kehabisan ide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Blog Archive

Connect With Us

Instructions

Recomended

Label

Pengikut

About Me

Foto saya
yogyakarta, DIY, Indonesia
ayo belajar
Powered By Blogger

ARJUNA BELAJAR

belajar adalah mencari pengetahuan

Blog Archive

Cari Blog Ini

Pages