Sabtu, 12 Februari 2011

Berpikir Besar Lebih Asyik

Berpikir Besar Lebih Asyik

Berpikir besar? Sepertinya sudah sering ya kita mendengar kata-kata itu?  Tapi sebenarnya kita tahu tidak dengan maksud berpikir besar itu?
Berpikir besar menciptakan lebih banyak peluang-peluang yang membuat perbedaan besar dalam hidupmu.  Hmmm… peluang-peluang yang bagaimana ya?
Peluang: Mungkin aku bisa menghubungkan kedua komputer ini dan mengirim pesan bolak balik.  Peluang lebih besar: Mungkin aku bisa menghubungkan semua komputer di dunia dengan dimensi maya baru (yang kini dikenal sebagai WorldWide Web – www).
Peluang: Aku bisa menanam sebatang pohon yang akan menyerap satu ton karbondioksida sepanjang hidupnya. Peluang lebih besar: Aku bisa menyelenggarakan sebuah acara dan menyakinkan semua temanku untuk menanam sebatang pohon untuk mengurani pemanasan global dengan menyerap 20 ton karbon dioksida dari atmosfer.
Peluang: Mungkin aku bisa belajar lebih keras dan mendapatkan nilai lebih baik saat ujian.  Peluang lebih besar: Mungkin aku bisa belajar lebih cerdas dan mendapatkan nilai lebih baik.
Nah, setelah membaca peluang-peluang diatas, apakah sudah mendapat gambaran mengenai Berpikir Besar?
Berpikir besar juga berarti pikiranmu lebih sesuai dengan dunia luar biasa milik kita ini.  Secara fisik dunia memang sangat besar. Perlu waktu seumur hidup bahkan lebih untuk melihat semua bagiannya.
Sekarang pikirkan dunia pemikiranmu – semua ide, teori dan fakta menarik yang ada.  Untungnya otak kita diciptakan untuk bisa berkembang.  Otak kita diciptakan guna menjelajahi dunia pemikiran dengan kekuatan pemikiran untuk menyesuaikan, memperhatikan, mempertanyakan, memutuskan dan menilai.  Semua ini hanya sedikit dari ratusan proses berpikir berkecepatan tinggi yang ada di bawah kendali ilmu.
Ada 5 prinsip untuk berpikir besar:
1.  Selalu ada cara lain, jika sesuatu gagal, selalu ada cara lain untuk melakukannya – jika kamu cukup fleksibel untuk menemukannya.
2.  Selalu ingin tahu, rasa ingin tahu itu seperti tombol pencari gelombang di radiomu, tombol ini membantu kita menyelaraskan diri dengan dunia di sekitar kita.
3.  Cari sebanyak mungkin ide, seperti berbelanja di superstore, menambah pilihan dan jumlah ide di otak kita meningkatkan peluang kita menemukan ide yang tepat.
4.  Cari contohnya di dunia ini, siapa anutan kita saat kecil? Ayah atau Ibu? Seorang profesor? Artis terkenal atau musisi?  Kita bisa memakai orang itu sebagai anutan untuk meningkatkan pemikiran kita dan mewujudkan sesuatu.
5.  Tetaplah fokus pada siapa diri kita dan apa yang kita inginkan, begitu kita memfokuskan diri pada apa yang kita sukai, kita mungkin akan menemukan kekuatan dan minat baru.  Jika kita suka nge-dance, dorong diri kita untuk memikirkan cara baru untuk menjelajahi kesukaan kita itu, seperti salsa, tango, hip-hop dll. Pelajari semuanya!

1 komentar:

Label

Blog Archive

Connect With Us

Instructions

Recomended

Label

Pengikut

About Me

Foto saya
yogyakarta, DIY, Indonesia
ayo belajar
Powered By Blogger

ARJUNA BELAJAR

belajar adalah mencari pengetahuan

Blog Archive

Cari Blog Ini

Pages