Sabtu, 09 April 2011


                       
                                    MUSIK

             Nama   : Arjuna Putra Aldino
             Prodi   : TP B 2010
             NIM    : 10105244029
             M K     : Desain Pesan Pembelajaran

1.      Amrizal, S. Si., M. Pd, Peranan Musik dalam pembelajaran, 2010

Musik dapat membantu kecepatan masuk nya informasi ke dalam otak dengan proses relaksasi,mediasi,pendengaran,visualisasi. Musik memicu keterkaitan yang lebih besar dari pada yang dapat diberikan oleh stimulus lainnya terhadap belahan otak sebelah kiri dengan yang kanan dan antara bidang-bidang di dalam otak yang bertanggung jawab atas emosi dan ingatan.

2.      TheSchoolRun, Peran musik dalam pembelajaran, 1679

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.theschoolrun.com/articles/the-role-of-music-in-learning-1679

Musik dapat mengaktifkan kedua sisi otak dan sistem limbik.limbik otak sendiri berfungsi sebagai penanggung jawab memori jangka panjang,oleh karena itu jika informasi disampaikan dengan musik ada kemungkinan besar akan ada intensitas yang berbeda dalam proses masuk nya informasi ke dalam otak. Musik juga menjadi sinyal premi yang berbentuk irama,nada dan tempo yang menkodekan informasi.

 

3.      Debbie Richards a; Fassbender Eric; Bilgin Ayse b; William Thompson Forde,  Sebuah penelitian tentang peran musik latar belakang dalam IVWs untuk belajar, 2004

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.informaworld.com/smpp/content~content%3Da906960161~db%3Dall~jumptype%3Drss

IVWs adalah Immersive Virtual Worlds yaitu sebuah game/permainan yang menggunakan music sebagai latar belakang.Terbukti bahwa musik dapat meningkatkan daya konsEntrasi atau dapat mencuri perhatian orang untuk memperoleh informasi.

4.      By Mark Huy Le Dengan Huy Mark Le  University of Tasmania, Peran Musik dalam Pembelajaran Bahasa Kedua, 1999

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.aare.edu.au/99pap/le99034.htm

Musik dapat meningkatkan suasana belajar karena kekuatan afektif nya. Penelitian kualitatif dilakukan di Vietnam untuk mengkaji bagaimana musik telah diterima oleh pendidik bahasa Vietnam. Hal ini terutama berfokus pada peran musik dalam pembelajaran bahasa kedua.disini musik berperan sebagai penyampai kosa kata bahasa inggris yang sedang di pelajari.siswa belajar bahasa inggris melalui music yang menyenangkan sehingga siswa akan cenderung tertarik untuk belajar.

5.      Artikel education, Peran musik dalam belajar

Musik dapat membantu anak dalam belajar salah satunya dalam belajar menghafal karena music dapat merangsang telinga,memotivasi anak agar lebih semangat belajar,meningkatkan konsentrasi dan membantu mereka menyimpan informasi.

6.      Yulia_R   Apa Pengaruh Musik Dalam Belajar, 2010

 menurut Ahli saraf dari Harvard University, Mark Tramo, M.D., music dapat merangsang neuron-neuron yang ada di dalam otak maka dari itu sangat dekat kaitannya antara musikdengan kecerdasan. Pengaruh music pada otak itu tergantung dari jenis music itu sendiri seperti musik classic dapat membantu mempercepat materi masuk ke dalam otak,musik rock dan R n B dapat memicu otak lebih semangat dan memompa andrenalin untuk motivasi belajar.
7.      Oleh: Luthfi Seli Fauzi, Pengaruh Musik Terhadap Perkembangan Kognitif dan Kecerdasan Emosi, 20 April 2008 at 12:57 pm
Kognitif, Kecerdasan Emosi dan Musik
Fungsi otak dengan kemampuan kognitif manusia sangat erat kaitannya Karen  kognitif adalah proses atau produk dimana pengetahuan,pikiran,aktivitas mental dan mengingat berbagai informasi oleh karena musik berperan sebagai perangsang yang kaya motif untuk perkembangan kognitif. Sedangkan pengaruh untuk kecerdasan emosi,kecerdasan emosi dalah kecerdasan untuk ikta mengerti diri sendiri yang berkaitan dengan perasaan,music adalah suatu pesan yang berisi syair,nada.irama yang dapat kecrdasan emosi.

8.      by nurita putranti,  Musik dalam pembelajaran, 3 sept 2007   

Jika guru dapat menyajikan musik dalam pelajaran dengan latar belakang music dalam penyampaian informasi dapat membuat relaksasi dan kegairahan siswa,karena music dapat menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri.agar murid tidak terlalu dibebankan oleh kegiatb sekolah yang cenderung memakai otak kiri.
9.      Chudzaiva Nadya, pengaruh musik dalam pembelajaran getaran dan gelombang untuk memotivasi belajar fisika kelas 3 listrik industri b smkn 1 cimahi, 2006
Terkadang anak sulit mempelajari fisika dan matematika akan tetapi guru SD di cimahi ini mempunyai cara yang bebeda untuk meningkatkan konsentrasi dan membuat anak senang dalam belajar fisika dan matematika yaitu dengan memberikan musik pada saat selesai mengajar agar anak berdiskusi dan melakukan aktivitas belajar seperti merangkum dengan relaksasi.
10.  Astaqauliyah, Efek Mozart, 2006
Efek Mozart dalam perkembengan otak adalah hanya sebatas kemampuan spasial temporal saja,hanya berlangsung 10-15 menit saja.hanya untuk meningkatkan daya imajinasi saja. Namun jika digunakan dalam pembelajaran akan menarik karena dapat menciptakan suasana yang tenang dan hening.

11.   Alwi Alatas, SS, ANTARA EFEK MOZART DAN EFEK MUROTTAL, 2009

http://medicalzone.org/
http://ruqyah-online.blogspot.com/2009/03/antara-efek-mozart-dan-efek-murottal.html
Musik klasik saat ini menjadi legenda yang bangkit lagi dari zamannnya bahkan dunia pendidikan banyak menggunakan music klasik dalam media belajarnya karena diduga msik klasik terutama Mozart dapat memperkaya pikiran,membuat hati nyaman dan tenang sehingga efektif untuk belajar. 
12.  Pengaruh Penggunaan Musik Klasik (Mozart) Terhadap Memori Anak Autistik Di Cakra Autisme Terapi Surabaya.
musik klasik (Mozart) diketahui dapat merangsang otak, otak kita menjadi terbuka dan reseptif pada informasi. Musik mengurangi stres, meredakan ketegangan, meningkatkan energi dan memperbesar daya ingat, karenanya musik dapat menjadikan orang cerdas.oleh karena itu dapat dipakai untuk terapi pada anak autism dalam membantu mereka meminimalisir keterlambatan dalam berfikir dan proses recall,retention.mengeja.
13.  Psychemate, Musik klasik, 2007

Semua jenis musik mempunyai efek masing-masing bagi perkembangan otak dan kondisi psikologis salah satunya adalah musik klasik yaitu cenderung positif, seperti membuat lebih bersemangat, lebih mudah mengingat, meningkatkan kreativitas, dan menghilangkan perasaan tertekan. Pengaruh paling kuat dari musik terdapat pada iramanya karena musik klasik menghasilkan gelombang alfa yang dapat merangsang sistem limbik otak.

14.  Sedyadiasto, Fungsi music , 15 September 2010

Musik dapat digunakan untuk media pendidikan karena musik dapat memancing otak untuk berfikir kreatif dan dapat menanamkan nilai-nilai positif yang disampaikan melalui musik. Dengan musik belajar akan lebih nyaman dan tidak membosankan.
15.  Ceploq , Mendengar musik&manfaatnya, 2010
Menurut para ahli ada beberapa manfaat musik untuk perkembangan otak,kecerdasan emosi,sensasi dan perasaan bahkan dapat meningkatkan berbagai hormon dan ritme tubuh. Di dalam otak musik berpengaruh pada struktur basal,neokorteks dan axon neuron,disinilah bagian otak yang berfungsi sebagai memorial function atau fungsi penyimpanan informasi.terbukti bahwa musik dapat membantu mengaktifkan beberapa system limbic otak yang berfungsi sebagi memorial/penyimpanan.
16.  Furin Fendra , Fungsi Musik, 2010
Salah satu fungsi musik adalah dapat meningkatkan intelegensi seseorang yaitu terdapat pda musik klasik seperti Mozart,hal ini terbukti terjadi pada ibu hamil yang mendengarkan musik Mozart tujuannya adalah agar kelak si bayi mempunyai tingkat intelegensi yang kuat. Bukan hanya itu musik pun dapat meningkatkan daya ingat karena didalam otak kanan terdapat memori yang berfungsi untuk mengingat segala sesuatu hal dimana musik dapat memberi daya estetika dalam otak kanan sehingga menjernihkan otak untuk mengingat.
17.  Miti Online, Efek Mozart&effek murottal, 24 april 2010
Musik klasik adalah salah satu makanan penting bagi otak kanan karena ketukan/ritme musik klasik sama dengan debaran jantung manusia sehingga berefek pada perasaan lalu ditransfer pada otak. Di berbagai lembaga pendidikan seringkali memakai musik klasik untuk menenangkan hati dan penyeimbang daya kerja otak yang sering dibebankan oleh otak kiri yaitu sesuatu hal yang bersifat akademik.
18.   Kemal Wicaksono, Tips Belajar Efektif , 06 Desember 2009 07:59
Salah satu cara atau tips belajar efektif adalah dengan menyetel musik pada saat belajar kerena musik dalam belajar hanya media untuk menghilangkan rasa penat dan bosan dalam belajar.
19.  Aransemen.co.cc, Fungsi Musik. Maret 2007
Musik yang diciptakan untuk mendukung proses belajar mengajar ataupun musik itu sendiri sebagai materi ajar. sebagai contohnya adalah lagu-lagu ciptaan A.T Mahmud, komponis ini banyak menghasilkan karya-karya yang sangat mendukung anak untuk belajar. Baik belajar berhitung, mengenali warna, ataupun tentang alam.

Beberapa fakta menunjukkan bahwa keterlibatan aktif dengan musiklah yang menyebabkan musik mempunyai pengaruh positif bagi manusia. Aktif di sini tidak hanya bermakna fisikal atau motorik, tapi juga secara mental, emosional, dan spiritual.Howard Gardner menemukan bahwa ada keterkaitan antara musik dan intelegensi anak. Seperti tujuh inteligensi yang telah ditemukannya, Gardner menyebutkan kecerdasan musikal berpengaruh terhadap kecerdasan-kecerdasan yang lain. Diantaranya kecerdasan linguistik dan kecerdasan logis-matematikal.
           






 

 

 

 

 

4 komentar:

  1. adu ayam bangkok sampai mati di situs S128 secara LIVE ! hanya di AGEN BOLAVITA !
    Info selengkapnya hubungi :
    BBM: BOLAVITA
    WeChat: BOLAVITA
    WA: +6281377055002
    Line : cs_bolavita
    Live Chat : www.bolavita.SITE

    BalasHapus

Label

Connect With Us

Instructions

Recomended

Label

Pengikut

About Me

Foto saya
yogyakarta, DIY, Indonesia
ayo belajar
Powered By Blogger

ARJUNA BELAJAR

belajar adalah mencari pengetahuan

Cari Blog Ini

Pages