Sabtu, 09 April 2011


Meneropong Keefektivitasan penggunaan E-Government di Indonesia

Abstrak

Perlu kita ketahui penggunaan E-Government mulai diberlakukan sejak dikeluarkannya Intruksi Presiden no 3 tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional pengembangan E-Government serta adanya otonomi daerah. Ini merupakan langkah awal Indonesia untuk mengembangkan pelayanan birokrasi melalui bentuk elektronis seperti penyediaan informasi tentang mekanisme pelayanan birokrasi dan sumber informasi tentang perkembangan suatu lembaga pemerintahan yang dapat diakses melalui kios info dari lembaga pemerintahan atau pun dapat diakses melalui internet, sehingga masyarakat dan investor asing atau pun dalam negeri dapat mengakses            informasi kapan pun dan dimana pun ia berada.
 Beberapa keunggulan jika kita memanfaatkan E-Government yaitu meningkatnya hubungan pemerintah dengan pelaku bisnis dan masyarakat umum dengan adanya transparansi (keterbukaan) dengan harapan hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik dan mengurangi rasa kecurigaan/kesesalan diberbagai pihak. E- Government juga dapat membantu masyarakat dalam menentukan pilihannya jika ia ingin berpartisipasi dalam lembaga pemerintahan.Bukan hanya itu, E-Government pun dapat menayangkan hasil pemilu melalui dunia maya serta dapat mempublikasikan informasi di lembaga pemerintahan masing-masing bidang seperti Depdiknas, Depkeu, dan sebagainya.
Dalam penggunaan E-Government ada beberapa tingkatan yaitu tingkatan yang pertama adalah pemerintah mempublikasikan informasi melaui website atau blog. Tingkatan yang kedua adalah interaksi antara masyarakat dan kantor pemerintahan melalui E-mail. Tingkatan yang ketiga adalah masyarakat yang menggunakan dapat melakukan transaksi dengan kantor pemerintahan secara timbal balik dan level yang terakhir adalah perpaduan di seluruh kantor pemerintahan dimana masyarakat dapat melakukan transaksi dengan seluruh kantor pemerintahan dengan data base bersama. Di Indonesia pada tahun 2010 ini sudah mencapai tingkat pertama dan kedua, sedangkan di Singapura dan Amerika Serikat sudah mencapai tingkat Terakhir.  


2 komentar:

Label

Connect With Us

Instructions

Recomended

Label

Pengikut

About Me

Foto saya
yogyakarta, DIY, Indonesia
ayo belajar
Powered By Blogger

ARJUNA BELAJAR

belajar adalah mencari pengetahuan

Cari Blog Ini

Pages