Selasa, 15 Maret 2011

Penanganan Bencana di Jepang Patut Ditiru

Selasa, 15 Maret 2011 - 15:09 WIB
| More
MEDAN (Pos Kota) – Gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Jepang sangat lah memprihatinkan. Namun, disisi lain kesiapan bangsa Jepang dalam menghadapi bencana dapat dijadikan pelajaran bagi bangsa ini. Hal ini disampaikan anggota DPD RI Rahmat Shah, Selasa (15/3).
“Situasi ini dihadapi dengan tenang, tidak panik dan tidak memikirkan diri sendiri. Dan ini sangat membantu aksi tanggap darurat yang dilakukan masyarakat disana,”ujarnya.
Lebih jauh, Rahmat melihat bahwa budaya pemerintahan di Jepang telah berhasil menciptakan sistem yang melibatkan peran serta segenap komponen masyarakat di dalam aktivitas pembangunan.
“Proses check and balance yang telah berjalan serta didukung oleh budaya disiplin yang tinggi, berhasil mengantarkan Jepang ke arah kemajuan pasca hancur leburnya negeri itu setelah Perang Dunia II lalu,”ungkapnya.
Ditambahkan anggota DPD RI utusan Sumatera Utara ini, musibah yang terjadi di Jepang kali ini sangat menyentuh hatinya, mengingat akhir Februari lalu, baru saja dirinya memimpin rombongan lawatan kenegaraan DPD RI ke daerah yang terkena bencana tersebut.
Pada pesannya yang dikirim kepada pejabat daerah setempat yang mengalami bencana, ia menyatakan keprihatinan dan rasa dukacita yang mendalam, seraya mengharapkan agar masyarakat yang menjadi korban, diberi kekuatan dan ketabahan serta mendapat kemudahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa. (samosir/B)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Connect With Us

Instructions

Recomended

Label

Pengikut

About Me

Foto saya
yogyakarta, DIY, Indonesia
ayo belajar
Powered By Blogger

ARJUNA BELAJAR

belajar adalah mencari pengetahuan

Cari Blog Ini

Pages