Sabtu, 19 Maret 2011

Menjawab Polemik Kawasan Kerja Mahasiswa Teknologi Pendidikan

            kadang kita sebagai mahasiswa Teknologi Pendidikan selalu memperdebatkan kawasan kerja kita dalam dunia kerja, bahkan kita pun tak tahu mau jadi apa kita??
           mungkin salah satu yang membuat kita bingung adalah disiplin ilmu kita yang sangatlah fleksibel. tapi menurut saya kawasan kerja teknologi pendidikan sudah sangatlah jelas karena bukan hanya bisa menjadi seorang teknolog pendidikan saja, akan tetapi dunia usaha pun bisa kita peroleh seperti pengusaha produk yang berbasis teknologi.
          banyak produk yang bisa kita hasilkan dari ketrampilan kita sebagai mahasiswa teknologi pendidikan seperti CD pembelajaran, Media belajar baik yang menggunakan teknologi atau pun tidak. kita pun bisa menjadi konsultan pendidikan, kordinator pengorganisasian strategis, pengembang teknologi di angkatan bersenjata, perancang sistem kerja dan bidang - bidang pelayanan psikologi. semua ilmu itu bisa kita dapatkan di perkuliahan kita sehari-hari seperti teori belajar yang mempelajari aspek- aspek penting pada tingkat kejiwaan seseorang dalam belajar dengan baik dengan sesama atau pun lingkungan, perancangan kurikulum kita dapat memperoleh suatu cara merancang sistem, psikologi umum kita dapat mengetahui cara menyikapi orang dengan berbagai karakter dll.
         ilmu yang kita dapat cukuplah banyak untuk menyiapkan kita untuk terjun ke masyarakat, yang terpenting adalah kita mau memperdalam ilmu kajian teknologi pendidikan sehingga kita siap untuk memenuhi apa yang dunia kerja dan masyarakat inginkan. jadi tak usah kita meributkan hal-hal itu lagi. jika kita mau mendalami ilmu teknologi pendidikan maka secara otomatis kita tahu apa yang bisa berbuat untuk memenuhi tuntutan itu.
      masih banyak lagi kajian keilmuan teknologi pendidikan yang bisa kita gunakan untuk menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang beredar di masyarakat, mungkin kita belum terlalu dikenal oleh masyarakat sehingga mereka pun meragukan kita. namun saya yakinkan kepada anda bahwa banyak kajian keilmuan teknologi pendidikan yang bisa kita gunakan untuk memberi inovasi dan discovery dalam masyarakat atau pun dunia kerja.
       jika seorang mahasiswa teknologi pendidikan mempunyai mind set yang hanya berorientasi pada PNS, saya dengan tegas mengatakan sungguh sangatlah "IRONI" pemikiran anda. kita bisa menjadi leih dari itu, karena ilmu yang kita dapatkan di perkuliahan bukan hanya semata- mata mencetak PNS. sayang sekali jika anda tak memanfaatkan ilmu itu, padahal mempunyai manfaat yang sangat besar untuk kehidupan anda.
teknologi pendidikan diciptakan bukan hanya untuk mencetak PNS...INGAT ITU!!!
Tapi sebagai pengubah peradaban...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Label

Connect With Us

Instructions

Recomended

Label

Pengikut

About Me

Foto saya
yogyakarta, DIY, Indonesia
ayo belajar
Powered By Blogger

ARJUNA BELAJAR

belajar adalah mencari pengetahuan

Cari Blog Ini

Pages